On Monday, September 15, 2014

Sekarang kita akan mencoba untuk menginstall software Oracle di windows. Sebelumnya download terlebih dahulu software oracle. Biasanya hasil download akan berbentuk file zip.

INSTALASI ORACLE
1. Setelah selesai mendownload, maka akan memiliki file zip berikut :

2. Ekstrak file zip tersebut. Sehingga muncul folder baru. Dan masuk file tersebut dan temukan setup.exe

3. Klik dua kali hingga muncul tampilan untuk instalasi. Klik next.





4.  Hingga muncul license agreement, pilih "I accept the terms in the licence agreement"


"

5.  Selanjutnya adalah lokasi instalasi oracle, defaultnya adalah di C:\oracleexe\, jika Anda setuju maka tekan tombol Next.



6.  Selanjutnya adalah pengisian password untuk account SYS dana SYSTEM, isikan passwordnya dengan sys. Lalu klik tombol Next.



7. Selanjutnya akan muncul review sebelum instalasi,  klik install, kemudian pilih yes.




8. Tunggu proses sampai selesai.



9. Software oracle selesai di intall di Windows Anda.




Sumber : http://tiindonesia.blogspot.com/2013/01/cara-install-oracle-di-windows.html

1. Jelaskan pengertian Database!
Database adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer dan dapat diolah atau di manipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi.
http://tiindonesia.blogspot.com/2013/01/cara-install-oracle-di-windows.html

2. Dalam database dikenal adanya istilah Atribut, Record, dan Entitas, jelaskan istilah tersebut!
  • Atribut adalah deskripsi data yang bisa mengidentifikasi entitas yang membedakan entitas tersebut dengan entitas yang lain. Seluruh atribut harus cukup untuk menyatakan identitas obyek, atau dengan kata lain, kumpulan atribut dari setiap entitas dapat mengidentifikasi keunikan suatu individu. Atribut adalah karakteristik dari entitas tersebut. Contoh entitas Nasabah, atributnya adalah : Kode Nasabah, Nama Nasabah, Alamat Nasabah.
  • Record adalah  rekaman data yang merupakan elemen data, atau kumpulan beberapa nilai Atribut, atau kumpulan Field-data yang mewakili satu Entitas secara lengkap. Misalnya: Entitas pegawai memiliki record: NIP, Nama, Alamat, Pangkat, Jabatan, dsb.
  • Entitas adalah sesuatu yang memiliki keberadaan yang unik dan berbeda, walaupun tidak harus dalam bentuk fisik. Abstraksi, misalnya, biasanya dianggap juga sebagai suatu entitas. Definisi lainnya entitas merupakan kelompok objek independen yang dapat diidentifikasi dan memiliki kesamaan properti. Entitas dapat berupa objek nyata atau objek konseptual, contoh :  Objek nyata, Staf Kantor Cabang, Pelanggan Produk, Objek konseptual, Pembelian Pengalaman Kerja, Inspeksi Pendaftaran. Entitas dinyatakan dengan nama dan daftar properti. 
  • http://yleinussa.mhs.uksw.edu/2013/02/materi-3-sistem-basis-data.html
     
3. Sebutkan komponen sistem Database!
 Komponen Sistem Database adalah :
  • Data, kata 'data' berasal dari bahasa Yunani yaitu 'datum' yang berarti fakta. Dalam bahasa Inggris, data bersifat jamak. Sehingga salah bila kita menyebut data-data. Data bersifat jamak, sedangkan datum bersifat satuan dan menyusun data. Data disimpan secara terintegritas (integrated), dimana fakta satu dengan fakta lainnya saling berhubungan. Data dapat dipakai secara bersama-sama (shared), sehingga kita dapat menggunakan data tersebut tanpa harus saling mengantri untuk menggunakan data tersebut.
  • Hardware, merupakan alat atau perangkat komputer yang terdiri dari monitor, CPU, keyboard serta peralatan komunikasi data.
  • Software, berfungsi sebagai perantara antara pemakai dengan data pada database. Dalam hal ini bisa dikatakan software adalah nyawa. Contoh software tersebut adalah: Database Management System (DBMS) seperti Oracle Postgre, MySQL, dll. Sedangkan untuk program aplikasi untuk memanipulasi data, seperti SQL Editor, dll
  • User, adalah siapa saja yang menggunakan database tersebut. Berikut dibagi menjadi 3 klasifikasi untuk pengguna: Database Administrator (DBA), orang/team yang bertugas mengelola system database secara keseluruhan, Programmer, orang/team membuat program aplikasi yang mengakses database dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu, dan End User, orang yang mengakses database melalui terminal dengan menggunakan query language. http://duniadatabase.blogspot.com/2011/03/komponen-sistem-database.html 
4. Sebutkan perbedaan File Manajemen Tradisional dan File Manajemen Database, serta jelaskan kelemahan masing-masing!

Beberapa perbedaan anatar File Manajemen Tradisional dan File Manajemen Database adalah berikut:
File Manajemen Tradisional :                                  File Manajemen Database :
a. Program Oriented                                                 a. Data Oriented
b. Kaku                                                                     b. Lebih luwes
c. Adanya kerangkapan data                                    c. Terkontrolnya kerangkapan data
(http://wicakszones.blogspot.com/2014/03/perbedaan-sistem-file-tradisional.html)

Kelemahan File Manajemen Tradisional:
a. Timbulnya data rangkap dan ketidak konsistenan
b. Data tidak dapat digunkana bersama-sama
c. Kesukaran dalam pengaksesan data
d. Tidak fleksibel
e. Data tidak standar

Kelemahan File Manajemen Database:
a.  Storage yang digunakan besar
b. Dibutuhkan tenaga spesialis
c. Softwarenya mahal
d. Kerusakan pada sistem database dapat mempengaruhi departemen lain yang terkait.
(http://www.geocities.ws/yasmui_psht93/andi/basisdata.html)

5. Apa yang dimaksud dengan DBMS?

DBMS adalah  Database Manajement System merupakan software yang digunakan untuk membangun sebuah sistem basis data yang berbasis komputerisasi. DBMS membantu dalam pemeliharaan dan pengolahan kumpulan data dalam jumlah besar. Sehingga dengan menggunakan DBMS tidak menimbulkan kekacauan dan dapat digunakan oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan. DBMS merupakan perantara bagi pemakai dengan basis data. Untuk merinteraksi dengan DBMS (basis data) menggunakan bahasa basis data yang telah ditentukan oleh perusahaan DBMS.
https://010be5fd9fb8cc88ea834722d5c19ca7d460aa81.googledrive.com/host/0B_A-EhzcIJX2bHR0eThqMUpLZ1E/2KS2/2KS2_SISTEMDATABASE_P.JOKO/tugas/pengertian-dan-komponen-dbms-database_9.html


6. Sebutkan bahasa yang dikenal dalam DBMS!

Bahasa yang dikenal dalam DBMS :

a. Data Definitions Language (DDL)

Bahasa yang digunakan dalam mendefinisikan struktur atau kerangka dari basis data, di dalamnya termasuk record, elemen data, kunci elemen, dan relasinya
DDL digunakan untuk mendefinisikan, mengubah, serta menghapus basis data dan objek-objek yang diperlukan dalam basis data, misalnya tabel, view, user, dan sebagainya. Secara umum, DDL yang digunakan adalah CREATE untuk membuat objek baru, USE untuk menggunakan objek, ALTER untuk mengubah objek yang sudah ada, dan DROP untuk menghapus objek. DDL biasanya digunakan oleh administrator basis data dalam pembuatan sebuah aplikasi basis data.


b. Data Manipulations Language (DML)

DML digunakan untuk memanipulasi data yang ada dalam suatu tabel. Bahasa yang digunakan untuk menjabarkan pemrosesan dari basis data, fasilitas ini diperlukan untuk memasukkan, mengambil, mengubah data. DML dipakai untuk operasi terhadap isi basis data.


Ada 2 jenis DML :
1. Procedural DML
Digunakan untuk mendefinisikan data yang diolah dan perintah yang akan dilaksanakan.

2. Non Procedural
Digunakan untuk menjabarkan data yang diinginkan tanpa menyebutkan bagaimana cara pengambilannya.
Secara khusus pengguna menggunakan berbagai bahasa :
Programmer aplikasi menggunakan bahasa-bahasa seperti Cobol, Informix, dll (host language) yang ditempelkan dengan bahasa yang dipakai dalam DBMS. Pemakai terminal menggunakan bahasa Query (misal SQL) atau menggunakan program aplikasi (yang dirancang oleh programmer). Sedangkan DBA lebih banyak menggunakan bahasa DDL dan DML yang tersedia dalam DBMS.


Semoga materinya bermanfaat buat readers :)


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © Welcome here ~ | Green Minimalist Theme |Powered by Blogger | Designed by Johanes DJ