- Home »
- UAS B.Indonesia Penelitian
On
Friday, January 11, 2013
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Masalah
Mahasiswa yang pada dasarnya merupakan subjek atau
pelaku di dalam pergerakan pembaharuan atau subjek yang akan menjadi
generasi-generasi penerus bangsa dan membangun bangsa dan tanah air ke arah
yang lebih baik dituntut untuk memiliki etika. Etika bagi mahasiswa dapat
menjadi alat kontrol di dalam melakukan suatu tindakan. Etika dapat menjadi
gambaran bagi mahasiswa dalam mengambil suatu keputusan atau dalam melakukan
sesuatu yang baik atau yang buruk. Oleh karena itu, makna etika harus lebih
dipahami kembali dan diaplikasikan di dalam lingkungan mahasiswa yang relitanya
lebih banyak mahasiswa yang tidak sadar dan tidak mengetahui makna etika dan peranan
etika itu sendiri, sehingga bermunculanlah mahasiswa-mahasiswi yang tidak
memiliki akhlaqul karimah, seperti mahasiswa yang tidak memiliki sopan dan
santun kepada para dosen, mahasiswa yang lebih menyukai hidup dengan bebas,
mengonsumsi obat-obatan terlarang, pergaulan bebas antara mahasiswa dengan
mahasiswi, berdemonstrasi dengan tidak mengikuti peraturan yang berlaku bahkan
hal terkecil seperti menyontek disaat ujian dianggap hal biasa padahal
menyontek merupakan salah satu hal yang tidak mengindahkan makna dari etika.
Perlu
diketahui bahwa realita banyaknya bermunculan para koruptor di Indonesia
disebabkan oleh seseorang yang tidak memahami arti kata dari iman dan etika.
Banyak orang yang beranggapan dan meyakini para koruptor yang ada sekarang adalah
seorang yang dahulunya terbiasa melakukan tindakan menyontek di saat ujian
tanpa merasa bersalah, lebih tepatnya mencontek memiliki makna yang sama dengan
kecurangan. Jadi menyontek diibaratkan dengan korupsi mengambil hak seseorang
tanpa izin dan meraih sesuatu tanpa memikirkan apakah cara yang digunakannya
benar atau salah dan ini semua berhubungan dengan etika.
Apabila
mahasiswa masih belum menyadari betapa pentingnya etika di dalam pembentukan
karakter-karakter seorang penerus bangsa dan negara, akankah bangsa Indonesia
untuk di masa yang akan datang di isi oleh penerus-penerus bangsa yang
berakhlaqul karimah atau beretika?. Akan diletakkan dimanakah wajah Indonesia
nanti apabila bangsa Indonesia dibangun oleh jiwa-jiwa yang penuh dengan
kecurangan atau dengan akhlak-akhlak tercela?
1.2.
Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang di atas, maka
masalah-masalah yang akan dikaji dalam karya tulis ilmiah ini dirumuskan
sebagai berikut:
1. Apakah
pengertian mahasiswa?
2. Apakah
kewajiban dan hak mahasiswa?
3. Apakah pengertian etika dan peranan etika?
4. Adakah hubungan etika dengan mahasiswa?
5. Bagaimanakah
realita aktivitas mahasiswa?
6. Mengapa
mahasiswa bersikap anarkis?
7. Apakah
fungsi etika bagi mahasiswa?
1.3.
Batasan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang masalah diatas, maka
masalah-masalah yang akan dikaji dibatasi sebagai berikut:
1. Meneliti
mahasiswa Indonesia saja.
2. Menganalisa
kerusuhan-kerusuhan di Indonesia yang disebabkan oleh mahasiswa.
1.4.
Tujuan Penulisan
Berdasarkan perumusan masalah diatas , peranan etika
bagi mahasiswa diharapkan dapat mewujudkan dan menumbuhkan etika dan tingkah
laku yang positif. Namun secara karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk :
1. Memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia
Penelitian.
2. Diharapkan
mahasiswa mengetahui, memahami, dan dapat mengamalkan nilai-nilai etika di
kalangan atau di dalam aktivitas mahasiswa.
1.5.
Metodologi Penulisan
Metode yang digunakan dalam penulisan karya tulis
ilmiah ini adalah metode studi Literature, observasi, dan quisioner.
1.6.
Sistematika Penulisan
Dalam karya tulis ilmiah ini terdapat beberapa bab
diantaranya:
BAB I
PENDAHULUAN
Bab I pada karya tulis ilmiah ini membahas tentang
latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan
dan penelitian serta sistematika penulisan karya tulis ilmiah ini. Latar
belakang masalah pada karya tulis ilmiah ini memamparkan alasan penulis mengapa
etika sangat mempunyai peranan penting dalam aktivitas mahasiswa. Pada bab I
ini dijelaskan pula perumusan masalah yang mengacu kepada pedoman 5 W+H,
menjelaskan tujuan penulisan serta memberitahukan kepada pembaca karya tulis
ini, metode yang digunakan adalah studi literature, observasi, dan quisioner.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
Pada bab II karya tulis ilmiah ini menjelaskan atau
memaparkan tentang pengertian dari etika, peranan, aktivitas dan mahasiswa dari
berbagai pendapat tokoh-tokoh terkenal, serta menjelaskan secara umum tentang peranan
etika dan apa saja yang termasuk ke dalam aktivitas mahasiswa.
BAB III PEMBAHASAN
Pada bab II karya tulis ilmiah ini mengacu kepada
perumusan masalah yang secara umum akan membahas tentang pengertian mahasiswa
dan etika, kewajiban dan hak mahasiswa, hubungan etika dengan mahasiswa,
realita aktivitas mahasiswa, dan fungsi etika bagi mahasiswa serta di dalam
karya tulis ilmiah ini akan dilampirkan quisioner yang dijawab oleh para
mahasiswa.
BAB IV
PENUTUP
Bab ini akan membahas simpulan dan saran. Pada bagian
simpulan, semua materi yang telah dijelaskan akan disimpulkan dan pada bagian
saran berisi saran yang ditulis oleh penulis dan terdapat pula harapan-harapan
dari penulis yang berkenaan dengan judul karya tulis ilmiah ini.